Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) pada aplikasi manajemen keuangan sekolah berbasis User-Centered Design (UCD), yang diberi nama SIMASTER. Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan sekolah untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan keuangan yang selama ini masih dilakukan secara manual, yang berisiko menimbulkan kesalahan pencatatan dan keterlambatan pemrosesan. Metode penelitian menggunakan empat tahapan UCD: memahami konteks penggunaan melalui wawancara mendalam, menentukan kebutuhan pengguna, merancang solusi desain, dan mengevaluasi hasil prototipe menggunakan System Usability Scale (SUS). Prototipe aplikasi SIMASTER mencakup fitur utama, seperti sistem pembayaran berbasis payment gateway, unggah bukti pembayaran manual, pengingat pembayaran, serta informasi pembayaran yang transparan. Hasil pengujian dengan SUS menunjukkan skor 71,25, yang berada dalam kategori cukup tinggi. Skor ini mengindikasikan bahwa aplikasi memiliki tingkat kegunaan yang baik, meskipun masih terdapat ruang untuk penyempurnaan. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan efisiensi dan pengalaman pengguna di lingkungan pendidikan, dengan potensi pengembangan lebih lanjut untuk mendukung manajemen sekolah secara komprehensif.
Copyrights © 2025