Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan
Vol 13, No 1 (2025)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MEMBACA PERMULAAN ANAK DI SD MASEHI PRAIWORA KELAS I

Mete, Merling Agreni Inna (Unknown)
Hariadi, Fajar (Unknown)
Malo, Raynesta Mikaela Indri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Kemajuan teknologi memegang peran penting dalam bidang pendidikan, termasuk dalam pembelajaran membaca di tingkat dasar. SD Masehi Praiwora menghadapi kendala pada siswa kelas 1, di mana sebagian besar siswa belum lancar membaca atau mengenal huruf. Pembelajaran masih mengandalkan bahan ajar cetak sehingga kurang menarik dan membuat siswa cepat bosan. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle dan aplikasi unity yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif bagi mata pelajaran Bahasa Indonesia. Media ini dirancang untuk membantu siswa mengenal huruf, suku kata, dan kata melalui fitur interaktif. Pengujian dilakukan melalui metode pre-test dan post-test pada 18 siswa, menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dari 33,8 menjadi 57,2, serta N-gain dengan nilai 0,34 (kategori menengah). Selain itu, pengujian black box memastikan semua fitur aplikasi berjalan sesuai dengan fungsinya, termasuk navigasi menu, audio, dan kuis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini efektif meningkatkan kemampuan membaca siswa, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dan mempermudah guru dalam proses pengajaran. Media pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran membaca ditingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jitet

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET) merupakan jurnal nasional yang dikelola oleh Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT), Universitas Lampung (Unila), sejak tahun 2013. JITET memuat artikel hasil-hasil penelitian di bidang Informatika dan Teknik Elektro. JITET berkomitmen untuk ...