Peningkatan teknologi dalam bidang pendidikan merupakan salah satu langkah untuk mencapai pembangunan berkelanjutan. Teori dan ilmu pengetahuan yang baik perlu diimbangi oleh perkembangan teknologi yang mendukung terciptanya inovasi. Inovasi yang diterapkan dalam berbagai sektor dapat memiliki dampak positif terhadap pencapaian kesetaraan gender, yang tercermin dalam peningkatan Indeks Pembangunan Gender dengan menciptakan peluang baru untuk pemberdayaan perempuan, mengurangi ketimpangan, dan meningkatkan akses terhadap layanan dan sumber daya, inovasi membantu mempercepat perbaikan dalam indikator IPG dan memperbaiki kualitas hidup perempuan secara keseluruhan. Hal tersebut yang mendasari penulis untuk melihat pengaruh melek huruf, lama sekolah dan indeks pembangunan gender terhadap penguasaan komputer pada rumah tangga di Indonesia. Sumber data diperoleh dari Badan Pusat Statistik dengan sampel 34 Provinsi di Indonesia dan dianalisis dengan Data yang digunakan bersumber dari Badan Pusat Statistik dengan sampel dari 34 provinsi di Indonesia menggunakan model regresi berganda dengan data cross section. Penelitian menunjukkan hanya indeks pembangunan gender yang tidak memiliki pengaruh terhadap penguasaan komputer.
Copyrights © 2024