Banyak perusahaan telah memfokuskan beragam upayanya untuk meningkaykan kreativitas individu karyawan. Kreativitas secara luas dianggap sebagai factor penting untuk mendapatkan keunggulan bersaing dalam mencapai keberhasilan Perusahaan. Implikasinya, banyak Perusahaan melalui manajer untuk mengembangkan system yang dapat meningkatkan kreativitas karyawan melalui pemberian motivasi ekstrinsik. Akan tetapi, literatur memberikan pandangan yang berbeda terkait hubungan antara penghargaan dan kreativitas karyawan. Para peneliti menganggap penting bahwa individu karyawan perlu termotivasi secara intrinsik untuk menjadi kreatif, sementara yang lain menganggap motivasi ekstrinsik (misalnya penghargaan) penting untuk meningkatkan kreativitas. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan tinjauan literatur yang komprehensif dengan menyajikan teori-teori populer yang membahas peran motivasi intrinsik dan ekstrinsik dalam meningkatkan kreativitas karyawan.
Copyrights © 2024