EQUILIBRIUM : JURNAL BISNIS DAN AKUNTANSI (EJBA)
Vol. 15 No. 2 (2021): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)

Analisis Pengaruh Endorsement Celebrity Atta Halilintar Terhadap Keputusan Pembelian Kopi ABC Susu di Yogyakarta

Wijayanti, Vera (Unknown)
Herlina, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui profil responden yang membeli produk Kopi ABC Susu di Yogyakarta, untuk mengetahui pengaruh Endorsement celebrity (visibility, credibility, attraction, power) secara parsial terhadap keputusan pembelian Kopi ABC Susu di Yogyakarta, untuk mengetahui pengaruh Endorsement celebrity (visibility, credibility, attraction, power) secara simultan terhadap keputusan pembelian Kopi ABC Susu di Yogyakarta. Dalam penelitian ini, penulis mengumpulkan data melalui kuesioner, observasi, wawancara, kajian pustaka, dan internet. Metode pemilihan sampel yang digunakan oleh penulis adalah metode purposive sampling. Data yang diperoleh diuji melalui dianalisis dengan menggunakan analisis persentase, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, uji t, analisis regresi linear berganda, uji F. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, hasil uji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi (cronbach alpha) 0,05 dan df = N-2 menunjukkan bahwa butir-butir pertanyaan yang disusun dalam kuesioner adalah valid dan semua indikator dinyatakan reliabel karena r hitung lebih besar dari r tabel dimana r tabel sebesar 0,361. Berdasarkan analisis persentase, dapat diketahui bahwa profil responden konsumen Kopi ABC Susu, sebagai berikut: Laki-laki dan perempuan sama banyaknya, usia 21-25 tahun, pada tingkat Pendidikan terakhir SMA/SMK, pekerjaan mahasiswa, pendapatan ? Rp. 1.500.000. Hasil penelitian ini menunjukan regresi linear sederhana yang diperkuat dengan uji t menunjukkan bahwa variabel visibility, credibility, attraction, power secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Hasil regresi linear berganda yang diperkuat dengan uji F menunjukkan bahwa seluruh variabel visibility, credibility, attraction, power secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jem

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA) provides valuable insights into various aspects of Financial Management, Marketing, and Accounting. It encompasses a diverse array of intriguing subjects including Earnings Management, Firm Value, Stock Price, Service Quality, and the Internal Control ...