Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh faktor kebudayaan, sosial, gaya hidup dan psikologi secara parsial terhadap keputusan pembelian pada konsumen MCDonald`s di kota Yogyakarta, (2) mengetahui pengaruh faktor kebudayaan, sosial, gaa higup dan psikologi secara simultan terhadap keputusan pembelian pada konsumen MCDonald`s di kota Yogyakarta, dan (3) mengetahui variabel apakah yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada konsumen MCDonald`s di kota Yogyakarta. Metode penelitian yang di gunakan bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen MCDonald`s di kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah analisis persentase, analisis regresi linear sederhana, uji t, analisis regresi linear berganda, uji F, analisis p-value dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) persentase tertinggi konsumen McDonald`s di kota Yogyakrta adalah sebagian besar berstatus belum menikah, jenis kelamin perempuan, usia 18-25 tahun, pendidikan terakhir SLTA, pekerjaan mahasiswa, pendapatan per bulan ? Rp 1.000.000 dan frkuensi kunjungan setahun > 5x, (2) faktor kebudayaan, sosial, gaya hidup dan psikologi baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian MCDonald`s di kota Yogyakarta, dan (3) faktor sosial merupakan variabel yang paling berpengaruh secara dominan terhadap keputusan pembelian pada konsumen MCDonald`s di kota Yogyakarta.
Copyrights © 2022