Implementasi pemilihan mata pelajaran sesuai minat dan bakat masih menghadapi beberapa kendala di lapangan. Layanan peminatan berbasis RIASEC disusun kemndikbud untuk mebantu siswa menentukan mata pelajaran sesuai minat dan bakat mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas asesmen minat bakat berbasis RIASEC dalam membantu siswa SMA menentukan mata pelajaran pilihan sesuai dengan minat dan bakat mereka dalam kurikulum merdeka. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain quasi-experimental, melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menerima asesmen RIASEC dan kelompok kontrol yang memperoleh layanan peminatan konvensional. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis menggunakan uji statistik t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 63% siswa dalam kelompok eksperimen merasa sangat terbantu dalam memilih mata pelajaran, dibandingkan dengan hanya 43% siswa di kelompok kontrol. Uji t-test menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok (p < 0.05), yang mengindikasikan bahwa asesmen RIASEC memiliki efektivitas lebih tinggi dalam mendukung pemilihan mata pelajaran berdasarkan minat dan bakat siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa asesmen RIASEC dapat meningkatkan motivasi dan ketepatan pemilihan mata pelajaran, mendukung tujuan kurikulum merdeka yang lebih inklusif dan berpusat pada siswa.
Copyrights © 2024