Epilepsi adalah salah satu gangguan neurologis kronis yang paling umum yang diderita oleh orang di semua kelompokĀ usia diĀ dunia. Penyakit ini ditandai dengan aktivitas listrik abnormal di otak yang menyebabkan kejang atau perilaku tidak biasa, sensasi, dan terkadang kehilangan kesadaran. Peneliti ingin mengukur pengetahuan Guru di salah satu sekolah dasar di Bandar Lampung dikarenakan Guru dapat mendeteksi awal terhadap epilepsi pada anak sekolah dasar yang menghabiskan banyak waktunya di sekolah. Tujuan penelitian ini menggambarkan pengetahuan Guru terhadap epilepsi dan pertolongan pertama. Desain penelitian ini adalah studi deskriptif yang menggambarkan pengetahuan Guru. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 32 orang dengan menggunakan metode total sampling diperoleh responden sebanyak 28. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang terdiri 40 pertanyaan mengenai pengetahuan tentang epilepsi dan 20 pertanyaan mengenai pertolongan pertama pada epilepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan guru mengenai epilepsi 58,9% dan 66% pengetahuan mengenai pertolongan pertama pada epilepsi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pengetahuan guru tentang epilepsi dan pertolongan pertama pada Epilepsi memiliki pengetahuan yang cukup. Angka ini menunjukkan bahwa mayoritas responden mengetahui langkah-langkah penting yang harus diambil ketika seseorang mengalami serangan epilepsi.
Copyrights © 2024