Avant Garde
Vol 12, No 2 (2024): Avant Garde

Analisis Konten Strategi Komunikasi dalam Membangun Brand Awareness pada akun Tiktok @TOKOKARUNGJANTAN

Pratiwi, Ketut Alit (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Perkembangan teknologi di era modern sangat berkembang yang membuat beberapa pengusaha memiliki beragam cara untuk mempromosikan produk mereka salah satunya membuka jalan promosi melalui digital marketing. Promosi melalui digital marketing yang dibahas pada penelitian ini yaitu dengan munculnya penggunaan new media yang bernama Tik Tok. Aplikasi Tik Tok muncul pada tahun 2020 ini sudah menarik perhatian baik kalangan pelajar hingga pengusaha. Di Indonesia, Tiktok digunakan tidak hanya sebagai aplikasi hiburan tetapi juga sebagai media promosi. Kelebihan yang dimiliki oleh TikTok hampir sama dengan aplikasi sosial media yang sudah ada seperti Instagram seperti mudah di akses, minim biaya untuk promosi dan dapat menjangkau khalayak luas, yang membedakan ada pada durasi video yang dimana TikTok memiliki durasi video lebih panjang yang menjadi kelebihannya serta TikTok menyediakan fitur shop untuk memudahkan pengguna berjualan online sekaligus di akun TikToknya. Seperti yang dilakukan oleh salah satu toko fashion di Bali “@TOKOKARUNGJANTAN”. Penelitian ini akan meneliti bagaimana aplikasi Tik Tok digunakan untuk membangun brand awareness dari sebuah toko fashion “@TOKOKARUNGJANTAN”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dimana penelitian ini akan mendeskripsikan bagaimana aplikasi Tik Tok digunakan sebagai salah satu digital marketing yang membangun brand awareness dari “@TOKOKARUNGJANTAN”. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa dengan adanya aplikasi Tik Tok dapat membantu memperkenalkan “@TOKOKARUNGJANTAN” kepada masyarakat luas serta meningkatkan penjualan berdasarkan konsep AIDA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

avantgarde

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Avant Garde : Jurnal Ilmu Komunikasi is scientific journal published by the Communication Studies Program, Univ. Budi Luhur, twice a year on Juni & December. The publication of this journal is intended as a medium of information exchange, knowledge based on development, and the study of ...