Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh media pembelajaran “Tanam Cuaca” terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam materi “Pengaruh Perubahan Cuaca”. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain siklus, melibatkan dua siklus masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner motivasi, dan penilaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media “Tanam Cuaca” secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa, yang tercermin dari peningkatan skor motivasi dan hasil belajar. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat dari 59,25 menjadi 71,11, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 82,40 dengan persentase ketuntasan mencapai 85,18%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media interaktif ini efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025