Indonesian Journal of Instruction
Vol. 5 No. 3 (2024): September 2024

Pengaruh Penggunaan Socrative dalam Penilaian Diagnostik terhadap Efektivitas Pengajaran: Perspektif Guru

Jhuniati, Ni Luh Putu Ary (Unknown)
Puryanti, Ni Wayan Sri (Unknown)
Putri, Ni Putu Yunita Susandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2024

Abstract

Pendidik menghadapi tantangan yang semakin besar dalam menerapkan alat penilaian yang efisien dan efektif untuk mendukung pembelajaran siswa di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perspektif guru terkait penggunaan Socrative dalam penilaian diagnostik serta mengevaluasi efektivitas dan kemudahan penggunaannya dalam konteks pendidikan. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara semi-terstruktur dari 34 guru yang telah menggunakan Socrative. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Socrative sangat efektif dalam mengumpulkan data diagnostik secara cepat dan akurat, memberikan manfaat signifikan dalam efisiensi, kemudahan penggunaan, dan peningkatan partisipasi siswa. Fitur umpan balik real-time memungkinkan guru memberikan penilaian yang dipersonalisasi, yang berdampak positif pada motivasi belajar siswa. Meskipun persepsi keseluruhan sangat positif, beberapa guru mengakui adanya tantangan awal dalam mengadopsi teknologi ini. Penelitian ini menyarankan bahwa integrasi Socrative dapat memperkuat proses pengajaran melalui penilaian diagnostik yang lebih responsif serta menekankan pentingnya pelatihan lanjutan bagi guru dalam memanfaatkan teknologi pendidikan secara maksimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IJI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Instruction (IJI) is an internationally recognized journal in the field of education and is published four times a year (in January, mei september). The aim of this journal is to publish high quality studies in the areas of instruction, learning, teaching, curriculum ...