Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Vol 5, No 2 (2024): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)

PENGARUH JOB INSECURITY, ROLE OVERLOAD DAN KOMPENSASI TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN GEN-Z DI PT HARAPAN JAYA LESTARINDO

Prana, Kierani (Unknown)
Yandri, Pitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2024

Abstract

Turnover dalam tingkat tinggi dapat memberikan dampak buruk terhadap perusahaan seperti terjadinya ketidakpastian kondisi tenaga kerja yang ada serta meningkatnya biaya pengelolaan Sumber Daya Manusia. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh Job Insecurity, Role Overload dan Kompensasi terhadap Turnover Intention Karyawan Gen-Z di PT Harapan Jaya Lestarindo. Penelitian ini dilakukan di PT Harapan Jaya Lestarindo. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Karyawan Gen-Z di PT Harapan Jaya Lestarindo yang berjumlah 65 orang sebagai responden penelitian. Metode penentuan sampel pada penelitian ini adalah teknik metode Non Probability Sampling. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah suatu teknik modeling statistik yang bersifat sangat cross-sectional, linear dan umum program melalui aplikasi software Smart-PLS 3.0. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa Job Insecurity dan Role Overload mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Turnover Intention karyawan Gen-Z di PT Harapan Jaya Lestarindo. Dapat diartikan bahwa timbulnya Job Insecurity dan Role Overload maka akan meningkatkan Turnover Intention pada karyawan Gen-Z di PT Harapan Jaya Lestarindo. Sedangkan kompensasi berpengaruh negatif terhadap Turnover Intention karyawan Gen-Z di PT Harapan Jaya Lestarindo, yang artinya semakin baik kompensasi yang diberikan maka akan menurunkan tingkat turnover turnover karyawan Gen-Z di PT Harapan Jaya Lestarindo.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Manajemen Strategis, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasi, Perilaku Organisasi, Kewirausahaan, serta ...