Jurnal Riset Public Relations
Volume 4, No. 2, Desember 2024, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)

Pengembangan Diri Perempuan Desa Melalui Sekolah Perempuan di Desa Pakuhaji

Nurhaliza, Zahra Danika (Unknown)
Nova Yulianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Abstrak. Perempuan di desa Pakuhaji sering kesulitan mengakses pendidikan. Oleh karena itu, PPK Ormawa BEM Fikom Unisba membentuk Sekolah Perempuan untuk mengatasi masalah pendidikan dan membantu perempuan desa menjadi agen perubahan agar perempuan di Desa Pakuhaji lebih berdaya. Sekolah ini memberikan pengajaran non formal dengan kurikulum Olympus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menjelaskan fenomena dengan mengumpulkan data sekomprehensif mungkin. Studi fenomenologis mencoba menjelaskan makna pengalaman hidup beberapa individu tentang suatu konsep atau fenomena, termasuk konsep diri atau pandangan hidup mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja motif, perjalanan, dan makna bagi para perempuan desa yang mengikuti sekolah perempuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setelah mengikuti sekolah perempuan, banyak hal positif yang diterima dan dirasakan oleh para perempuan di Desa Pakuhaji. Banyak kegiatan dan materi yang dipaparkan pada setiap pertemuannya membuat “rombongan belajar” merasakan perkembangan dalam diri serta banyak soft skills yang baru mereka kuasai. Dengan dukungan yang positif dan aktif dari panitia dan berbagai pihak yang membantu dalam proses pembelajaran, terjadilah perubahan kearah positif di dalam diri perempuan desa setelah mengikuti Sekolah Perempuan. Abstract. Women in Pakuhaji village often face difficulties accessing education. Therefore, the PPK Ormawa BEM Fikom Unisba established Sekolah Perempuan to address educational issues and help village women become agents of change, empowering the women of Pakuhaji village. This school provides non-formal education with an Olympus curriculum. This research uses a qualitative approach to explain the phenomenon by collecting data as comprehensively as possible. Phenomenological studies attempt to explain the meaning of life experiences of several individuals regarding a concept or phenomenon, including their self-concept or worldview. The aim of this research is to understand the motives, journey, and significance for the village women participating in Sekolah Perempuan. The results of this research show that after attending Sekolah Perempuan, many positive outcomes were received and felt by the women in Pakuhaji village. Numerous activities and materials presented at each meeting have led the "learning group" to experience personal development and acquire many new soft skills. With positive and active support from the committee and various parties involved in the learning process, positive changes occurred within the village women after attending Sekolah Perempuan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JRPR

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Riset Public Relations Jurnal Riset Public Relations (JRPR) adalah jurnal peer review dan dilakukan dengan double blind review yang mempublikasikan hasil riset dan kajian teoritik terhadap isu-isu empirik dalam sub kajian media, strategi PR, dll. JRPR ini dipublikasikan pertamanya 2021 dengan ...