Tingginya permintaan tanaman anggrek juga diikuti oleh banyaknya pelaku usaha sejenis sehingga setiap pelaku usaha perlu melakukan strategi pengembangan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) CV. Pengembangan usaha anggrek Duta Orchid, (2) mengidentifikasi alternatif strategi pengembangan CV. Bisnis anggrek Duta Orchid didasarkan pada analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman). Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai Februari 2024 di CV. Anggrek Duta. Hasil analisis SWOT menghasilkan empat alternatif strategi yaitu, strategi SO “Menjaga kualitas produk CV. Duta Orchid dan menjaga hubungan baik dengan konsumenâ€, strategi WO “Optimalisasi pemanfaatan media sosial dengan mengembangkan konten yang menarikâ€, ST strategi “Menyesuaikan strategi pemasaran dan penjualan dengan menonjolkan keunggulan CV. Duta Orchid dan Mengikuti pameran untuk memperkenalkan CV. Duta Orchidâ€, dan strategi WT “Memaksimalkan hasil produksi dengan menggunakan teknologi untuk menghasilkan varietas unggul yang tahan terhadap perubahan iklim dan hama dan penyakit".
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024