Latar Belakang: Kasus bullying marak tejadi di sekolah yang dilakukan senior kepada junior atau bahkan teman satu kelas. Pelaku bullying tidak selalu menyadari bahwasanya tindakan yang mereka lakukan merupakan tindakkan bullying. Salah satu penyebab kurangnya pengetahuan tentang bullying pada siswa karena program pendidikan anti bullying belum di terapkan di sekolah. Tujuan studi ini yaitu untuk menganalisis pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan tentang bullying.Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment, menggunakan desain pretes – posttes berpasangan, populasi dalam penelitian adalah siswa siswi kelas IV dan V SD. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini 109 responden. Instrument penelitian menggunakan kuesioner, analisis data menggunakan uji Wilcoxon.Hasil: sebelum di berikan penyuluhan pengetahuan responden dalam kategori kurang 52,3% dan setelah di berikan penyuluhan respon dalam kategori baik 71,6%, uji pengaruh yang telah dilakukan menunjukkan bahwasanya p=0,000 < 0,05, artinya terdapat pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan bullying.Kesimpulan: Penyuluhan terbukti efektif untuk meingkatkan pengetahuan tentang bullying, disarankan bagi sekolah untuk dapat mengintegrasikan program pendidikan anti bullying ke dalam mata pelajaran disekolah.
Copyrights © 2024