Kegiatan pendampingan ini dilakukan dengan tujuan mencegah praktik plagiasi. Hal ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus plagiasi dan budaya salin-tempel pada karya ilmiah yang disusun mahasiswa. Kegiatan pendampingan ini dilakukan kepada 8 orang mahasiswa tingkat akhir. Adapun 8 orang mahasiswa yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini merupakan mahasiswa bimbingan skripsi sehingga hasil pelaksanaannya akan berdampak nyata pada proses penulisan proposal skripsi. Dalam prosesnya, kegiatan ini dilakukan melalui paparan materi dan lebih banyak melakukan latihan praktik parafrase. Selama latihan berlangsung, pekerjaan mahasiswa dicek secara manual mulai dari kemiripan hingga praktik parafrase yang keliru. Hasil pendampinganpun efektif. Dikatakan efektif karena mahasiswa mampu mempraktikkan teknik parafrase dengan baik. Hal ini dilihat dari hasil parafrase yang dibuat mahasiswa. Mahasiswa menulis sesuai dengan judul proposal masing-masing. Sebagai latihan dalam kegiatan ini, mahasiswa menulis bagian latar belakang proposal. Hasilnya, struktur kalimat parafrase yang dibuat mahasiswa benar-benar sesuai dan memiliki kemiripan yang minim dengan teks asli yang diparafrase. Jadi, pendampingan teknik parafrase efektif sehingga disarankan untuk dilakukan.
Copyrights © 2025