MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 2 No. 2 (2024): Desember

PLURALISME PRESPEKTIF ABDURRAHMAN WAHID (GUS DUR) DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

Ahmad Rizki (Unknown)
Nurul Azizah (Unknown)
Nurul Mubin (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji pemikiran Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tentang pluralisme dan relevansinya dalam pendidikan multikultural di Indonesia. Menggunakan metode deskriptif kualitatif berbasis studi kepustakaan, penelitian ini mengungkapkan bahwa pluralisme Gus Dur melibatkan penghormatan terhadap perbedaan serta pengelolaan keberagaman dalam masyarakat. Gus Dur memahami pluralisme sebagai sebuah prinsip hidup yang mencakup toleransi, keterbukaan, dan penghargaan terhadap keragaman budaya, agama, serta etnis. Dalam konteks pendidikan multikultural, pemikiran ini relevan untuk menanamkan nilai inklusivitas, empati, dan dialog antar kelompok. Pendidikan berbasis pluralisme Gus Dur menawarkan pendekatan untuk mengurangi intoleransi, stereotip, dan diskriminasi melalui pengajaran tentang kesetaraan, keadilan, serta penghormatan terhadap kebudayaan lain. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran Gus Dur menjadi landasan penting dalam membangun masyarakat yang harmonis di tengah kebhinekaan Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

merdeka

Publisher

Subject

Other

Description

MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Jurnal ini merupakan jurnal ilmiah multidisiplin yang bersifat peer-review dan terbuka. Jurnal ini terbit 6 kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Fokus dan ruang lingkupnya meliputi: Ilmu Sosial, Humaniora, ...