MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 2 No. 2 (2024): Desember

PELATIHAN MEMAHAMI HURUF HIJAIYYAH MENGGUNAKAN CARD SORT BAGI ANAK-ANAK TPQ DI MASJID BUSTANUL ABIDIN DESA PALKUN BENGKALIS RIAU

Clara Shantika Ahya (Unknown)
Martin Kustanti (Unknown)
Rezki Amelia (Unknown)
Gusmirawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Salah satu metode yang membantu dalam Baca Tulis Al-Qur’an adalah metode Card Sort. Metode Card Sort adalah metode dengan menggunakan kartu yang bervariasi yang nantinya akan diisi dengan huruf hijaiyyah beserta baris hurufnya. Hal ini dilakukan karena beberapa anak-anak TPQ sering lupa dan kurang mampu menulis huruf hijaiyah yang telah diajarkan, serta mereka merasa jenuh dan bosan dengan pembelajaran yang menggunakan buku bacaan sehingga beberapa anak-anak TPQ suka jalan-jalan, suka ngobrol, menggambar yang tidak sesuai dengan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman BTQ untuk anak-anak TPQ di Masjid Bustanul Abidin desa Palkun Bengkalis. Pelaksanaan pelatihan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan PAR (Participatory Action Research) dan menggunakan tiga pilar utama yakni metodologi riset, dimensi aksi, dimensi partisipasi. Hasil dari pelaksanaan metode Card Sort ini, anak-anak lebih mudah memahami dan mengingat setiap huruf hijaiyah beserta dengan baris bacaannya serta mampu menuliskan dan mengucapkan setiap huruf hijaiyah yang telah di jelaskan. Selain itu, anak-anak TPQ lebih bersemangat dan aktif dalam proses pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an, karena media kartu hijaiyah yang digunakan sangat menarik dan berbeda dengan penggunaan buku bacaan. Implikasi pelatihan ini terhadap masyarakat khususnya pendidikan Islam adalah peningkatan kerohanian keagamaan dikalangan masyarakat dalam pendidikan agama Islam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

merdeka

Publisher

Subject

Other

Description

MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Jurnal ini merupakan jurnal ilmiah multidisiplin yang bersifat peer-review dan terbuka. Jurnal ini terbit 6 kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Fokus dan ruang lingkupnya meliputi: Ilmu Sosial, Humaniora, ...