Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen
Vol. 7 No. 2 (2024): Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen

Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Unismuh Sebagai Pengguna E-Wallet

Wahyuni (Unknown)
Sahib, Muhammad Khaedar (Unknown)
Asrini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kepercayaan terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Makassar Sebagai Pengguna E-Wallet. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari kuisioner. Kuesioner yang dibagikan dan berhubungan dengan masalah yang diteliti. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner. Kuesioner dibagikan kepada 69 mahasiswa akuntansi Angkatan 2020 Universitas Muhammadiyah Makassar. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Instrument penelitian menggunakan skala likert. Data yang dikumpulkan diolah dengan metode analisis regresi liner berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Persepsi kemanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap terhadap minat mahasiswa akuntansi Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai pengguna e-wallet. (2) persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai pengguna e-wallet. (3) Persepsi kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai pengguna e-wallet.   This study aims to determine the influence of perception of expediency, perception of convenience, and perception of trust on the interest Muhammadiyah University of Makassar accounting students as e-wallet users. The type of data used in this study is quantitative data obtained from questionnaires. Questionnaires are distributed and relate to the problem under study. Data collection in this study used questionnaires. The questionnaire was distributed to 69 accounting students of the Class of 2020 of the University of Muhammadiyah Makassar. The data source used is primary data. The research instrument uses Likert scale. The collected data was processed by multiple liner regression analysis method with the help of SPSS version 25. The results of this study show that: (1) The perception of expediency has a positive and significant effect on attitudes towards the interest of Muhammadiyah University of Makassar accounting students as e-wallet users. (2) The perception of convenience has a positive and significant effect on the interest of Muhammadiyah University of Makassar accounting students as e-wallet users. (3) The perception of trust has a positive and significant effect on the interest of Muhammadiyah University of Makassar accounting students as e-wallet users.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiam

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi Manajemen diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Buton. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media berbagi ilmu pengetahuan dan karya ilmiah di kalangan akademisi yang menggeluti bidang akuntansi dan manajemen. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, yaitu bulan April ...