Latar Belakang: Masalah gizi di Indonesia menjadi salah satu masalah kesehatan yang belum bisa terselesaikan dengan maksimal. Salah satu kelompok yang cenderung lebih rentang mengalami masalah gizi dan kelainan gizi adalah anak sekolah, sehingga diperlukan pendidikan gizi kepada anak sekolah melalui edukasi isi piringku. Menurut hasil riskesdas 2018 provinsi jawa timur terdapat data status gizi anak usia 5-12 tahun dengan kategori kurus 8% dan kategori gemuk 24,3%.Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif desain PreExperimental dengan pendekatan One Group Pretest-Posttest.Hasil: Hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon, didapatkan data dengan nilai p value yaitu 0,000 yang artinya kurang dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.Kesimpulan: Terdapat pengaruh edukasi isi piringku dengan menggunakan media lembar balik terhadap tingkat pengetahuan siswa kelas v tentang gizi seimbang di MI Tabiyatul Huda Kota Malang
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024