Penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi potensi visual citra daerah melalui pengembangan desain packaging sebagai ekspresi utama dari brand identity pada produk abon ikan tuna “ BossBon” yang diproduksi oleh Boss oleh-oleh. Dalam menghadapi pasar yang semakin kompetitif, desain kemasan tidak hanya berfungsi sebagai wadah produk, tetapi juga sebagai media yang kuat untuk menyampaikan kekayaan kultural dan identitas daerah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan eksplorasi karakter yang dilakukan, yang dimana pada perancangan ini akan melewati proses Eksplorasi atau penggalian karakter, proses perancangan, serta wawancara mendalam dengan pemangku kepentingan, seperti produsen, dan konsumen. Data survei akan dikumpulkan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang preferensi konsumen terhadap desain kemasan dari produk abon ikan tuna yang di produksi oleh Boss oleh-oleh. Selanjutnya, penelitian ini akan mengembangkan prototipe desain packaging yang memadukan elemen-elemen visual dari identitas daerah Kab. Sikka Nusa Tenggara Timur. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi produsen oleh-oleh dalam meningkatkan desain packaging mereka, meningkatkan daya saing produk lokal di pasar, dan memperkuat brand identity daerah melalui produk yang diproduksi oleh "Boss Oleh-Oleh". Eksplorasi visual ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan pada pengembangan strategi branding yang lebih efektif, sekaligus mempertahankan dan memperkuat warisan budaya setempat melalui medium desain packaging.
Copyrights © 2024