Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology
Vol 5, No 2 (2024): Desember 2024

AUDIT SISTEM INFORMASI E-LEARNING SMAN 2 BINJAI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5.0

Dealova, Rangga Wahyu (Unknown)
Marbun, Anna Mica (Unknown)
Pradana, Deo (Unknown)
Amri, Khairul (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Sistem e-learning memiliki peran penting dalam menunjang proses pembelajaran di masa era digital saat ini, namun, efektivitas sistem ini sangat bergantung pada tata kelola dan manajemen teknologi informasi yang baik dalam bidang Pendidikan. Sistem e-learning menjadi solusi alternatif yang relevan, terutama dalam kondisi di mana pembelajaran tatap muka tidak dapat dilakukan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan audit terhadap sistem informasi e-learning di SMAN 2 Binjai menggunakan kerangka kerja COBIT 5.0. Metodologi penelitian meliputi identifikasi permasalahan, studi literatur, pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan analisis dokumen, serta evaluasi tingkat kapabilitas berdasarkan domain COBIT 5.0. Fokus penelitian adalah menilai tingkat kapabilitas proses dan mengidentifikasi gap antara kondisi saat ini dengan target yang diinginkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa proses masih berada di bawah tingkat kapabilitas yang diharapkan (level 3 – Established Process). Untuk itu, diberikan rekomendasi perbaikan seperti peningkatan dokumentasi, evaluasi risiko yang lebih terstruktur, serta pelatihan sumber daya manusia. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam membantu institusi pendidikan meningkatkan pengelolaan dan efektivitas sistem e-learning, sehingga mampu mendukung tercapainya tujuan organisasi secara optimal.Kata Kunci: Audit Sistem Informasi, E-learning, COBIT 5.0 ABSTRACTThe e-learning system plays an essential role in supporting the learning process in today's digital era. However, the effectiveness of this system largely depends on proper information technology governance and management in the education sector. E-learning systems have become a relevant alternative solution, particularly in situations where face-to-face learning cannot be conducted optimally. This study aims to audit the e-learning information system at SMAN 2 Binjai using the COBIT 5.0 framework. The research methodology includes problem identification, literature review, data collection through interviews, questionnaires, and document analysis, as well as capability level evaluation based on the COBIT 5.0 domains. The study focuses on assessing the process capability levels and identifying gaps between current conditions and desired targets. The results indicate that several processes remain below the expected capability level (level 3 – Established Process). Recommendations for improvement include enhancing documentation, implementing more structured risk evaluations, and providing training for human resources. This study provides significant contributions to assisting educational institutions in improving the management and effectiveness of e-learning systems, thereby supporting the achievement of organizational goals optimally.Keywords: Information System Audit, E-learning, COBIT 5.0

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

syntax

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering

Description

Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology adalah Jurnal ilmiah yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Dharmawangsa, Medan, Indonesia. Jurnal ini membahas tentang topik-topik ...