Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di PT Kereta Api Indonesi (Persero) bertujuan untuk peningkatan efisiensi proses penggajian dan pengupahan karyawan. Dalam era digital saat ini, pengelolaan sumber daya manusia yang efektif sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan kepuasan karyawan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode tinjauan pada prosedur pengajian dan pengupahan karyawan dan tanya jawab untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam sistem penggajian saat ini.Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa prosedur pengajian dan pengupahan pada PT.Kereta Api Indonesia (Persero) sudah baik karena tidak ada keterlambatan dalam pemrosesan gaji, sistemnya transparan dan system informasi akuntansi yang terintegrasi akan tetapi masih ada karyawan yang terlambat masuk kerja tanpa kabar dan ada kalanya terjadi trouble dari mesin kehadiran sehingga karyawan tidak bisa mengakses kehadirannya dengan lancer. Untuk mengatasi masalah tersebut, tim pengabdian merekomendasikan pelatihan bagi staf terkait penggunaan teknologi baru. Dengan implementasi rekomendasi ini, diharapkan efisiensi proses penggajian dan pengupahan dapat meningkat, yang pada gilirannya akan meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja karyawan.Melalui upaya ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) diharapkan dapat memperkuat komitmennya terhadap kesejahteraan karyawan serta menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif dan transparan
Copyrights © 2024