INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Vol 7 No 6 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science

Perancangan Data Mart Untuk Manajemen Data Penjualan Pada Kedai Kopi X Di Jakarta

Salsabila, Tasya Mulia (Unknown)
Caroline, Angeline (Unknown)
Marcydiaz, Andrew Haikal (Unknown)
Trisnawarman, Dedi (Unknown)
Beng, Jap Tji (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2024

Abstract

Data yang kompleks dengan volume besar dan format bervariasi memiliki peran penting bagi suatu perusahaan. Semakin kompleksnya data transaksi penjualan, kebutuhan sistem manajemen data yang efisien untuk memberikan wawasan yang cepat dan akurat. Penelitian ini bertujuan merancang data mart untuk menganalisis data penjualan, mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik. Data dari Online Transaction Processing diubah menjadi Online Analytical Processing untuk memudahkan pengolahan, penyimpanan, dan analisis secara efisien. Penelitian ini, menggunakan metode Nine-step Kimball untuk perancangan data mart dan mengimplementasikan dalam star schema dengan melakukan proses Extract, Transform, Load. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan data penjualan dari tahun 2023 hingga 2024, disimpan dalam Database Management System menggunakan Microsoft SQL Server Management Studio 18. Hasil dari penelitian ini, terbentuknya data mart dengan star schema, yang terdiri dari tabel fakta dan tabel dimensi. Perancangan data mart untuk management dapat mengoptimalkan pemrosesan data penjualan pada kedai kopi x dalam pengambilan keputusan. Kata Kunci: Data Mart, Extract Transform Load (ETL), Penjualan, Nine-step Kimball

Copyrights © 2024