Gojek merupakan transportasi online yang memanfaatkan aplikasi untuk melayani Pengguna (masyarakat). Layanan aplikasi Gojek memiliki layanan yang terbatas pada ojek online. Perkembangan pada jasa layanan didukung dengan pembayaran transaksi non tunai (GoPay), untuk mempermudah trasaksi para pelanggan. Untuk mengklasifikasikan kepuasan pelanggan digunakan metode K-Nearest Neighbor (KNN). Dalam penelitian ini, penggunaan metode KNN dipilih karena sederhana dan intuitif, cocok untuk data teks, dapat menangani data tidak seimbang, dan memiliki kemampuan untuk mengatasi data baru. Selain itu, KNN juga dapat digunakan sebagai baseline yang cukup baik dalam membandingkan performa dengan metode-metode lain dalam klasifikasi kepuasan pelanggan transportasi online berdasarkan ulasan atau komentar. Web yang dibangun menggunakan library dari python yaitu streamlit. Dataset yang digunakan dari penelitian ini adalah data hasil scraping ulasan gojek dari google play store sebanyak 4000 ulasan. Pengujian dilakukan mengambil salah satu ulasan terbaru bintang 1 dan salah satu ulasan bintang 5 yang relevan, Hasil yang didapatkan menunjukan bahwa ulasan tersebut dapat di klasifikasi sebagai puas dan tidak puas dengan nilai akurasi 84,08%.
Copyrights © 2024