Journal of Education and Instruction (JOEAI)
Vol. 8 No. 1 (2025): JOEAI (Journal of Education and Instruction)

Pemenuhan Aksesibilitas Fisik dan Non Fisik bagi Mahasiswa Penyandang Disabilitas di Universitas PGRI Argopuro Jember

Lailil Aflahkul Yaum (Universitas PGRI Argopuro Jember)
Budiyanto Budiyanto (Unknown)
Endang Pudjiastuti Sartinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2025

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk menyajikan analisis yang komprehensif mengenai permasalahan dan pemenuhan aksesibilitas fisik dan non fisik di Universitas PGRI Argopuro Jember. Dengan menggali lebih dalam tentang kondisi yang ada, diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang konstruktif bagi pihak universitas untuk meningkatkan aksesibilitas dan memberikan gambaran yang jelas mengenai tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa penyandang disabilitas serta upaya yang perlu dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang lebih inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi langsung, dan kuesioner. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil dari Penelitian ini mengungkapkan bahawa UNIPAR banyak menghadapi tantangan dalam menyediakan aksesibilitas fisik kepada mahasiswa penyandang disabilitas, yang secara signifikan dapat berdampak pada pengalaman pendidikan mereka. Tantangan ini berasal dari infrastruktur yang tidak direncanakan sebelumnya untuk kebutuhan yang memadai bagi Penyandang disabilitas namun untuk Mengatasi masalah ini, UNIPAR berupaya memenuhi bentuk aksesisbilitas secara non fisik yang dimulai dari statuta UNIPAR hingga implementasi kebijakan layanan disabilitas hingga fasilitas beasiswa untuk disabilitas, dengan harapan tercipta dan terbentuknya infrastrukrur sosial inklusif sebagai tujuan utama dalam membentuk kampus inklusif dan ramah disabilitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JOEAI

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Development: defining design specification to specific form, such as developing learning materials through learning materials, handout, learning tools including audio, visual, audiovisual. Equipment: empowering the process and learning source to achieve learning objective. Evaluation: starting from ...