Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi AR berbasis Android yang dirancang untuk membantu pemain dan pelatih dalam mempelajari teknik dasar olahraga badminton dengan lebih efektif. Aplikasi ini memanfaatkan animasi 3D yang muncul ketika kamera perangkat diarahkan ke marker tertentu, disertai dengan informasi yang mendukung pemahaman teknik. Hasil evaluasi menggunakan kuesioner menunjukkan bahwa 90,63% responden menyukai aplikasi ini, sedangkan 9,37% menyatakan aplikasi ini biasa saja, tanpa adanya responden yang tidak menyukai. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi tersebut secara umum diterima dengan baik dan dianggap membantu dalam memahami teknik badminton. Dengan tingkat penerimaan yang tinggi, aplikasi ini telah berhasil mencapai tujuannya, yakni meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pembelajaran teknik badminton. Penggunaan teknologi AR memberikan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif, sehingga mampu mendukung pengembangan keterampilan olahraga badminton, terutama bagi pemula.
Copyrights © 2024