Jurnal Basicedu
Vol. 9 No. 1 (2025): February

Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Pecahan di Kelas VI Sekolah Dasar

Azaria, Tio Tanra (Unknown)
Indryani, Indryani (Unknown)
Nugraha, Ugi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2025

Abstract

Pecahan merupakan konsep fundamental yang memiliki penerapan luas dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam pembagian makanan, pengukuran bahan, atau pembagian waktu. Pemahaman konsep pecahan menjadi penting karena berkaitan erat dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah nyata yang melibatkan proporsi, rasio, dan perbandingan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matemaika dan pemahaman konsep siswa melalui pendekatan pembelajaran kontekstual di kelas VI SDN 151/IV Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas  VI SD Negeri 151/IV Kota Jambi yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan adalah ?75% dari jumlah peserta didik telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I, persentase keberhasilan kelas mencapai 67,5% dengan predikat "cukup," sementara pada siklus II meningkat menjadi 79,4% dengan predikat "baik." Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual secara bertahap dapat meningkatkan keterlibatan aktif siswa, rasa tanggung jawab, dan kerjasama kelompok. Perbaikan pada siklus II, seperti penyampaian tujuan pembelajaran, penggunaan media, dan pembagian kelompok heterogen, berkontribusi signifikan terhadap peningkatan hasil belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi pecahan di kelas VI SD Negeri 151/IV Kota Jambi    

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...