Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing)
Vol. 10 No. 3 (2024): JiKep | Oktober 2024

KECERDASAN EMOSIONAL DAN TINGKAT KEAKTIFAN DALAM BERORGANISASI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS JEMBER: The Relationship between Emotional Intelligence and the Level of Activeness in Organizations among Students at the Faculty of Nursing, University of Jember

Indah, Agnes Rosalia (Unknown)
Purwandari, Retno (Unknown)
Nur, Kholid Rosyidi Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Pendahuluan: Fakultas telah menyediakan organisasi untuk melatih kolaborasi melalui kegiatan yang terorganisir. Namun masih terdapat siswa yang tidak aktif dalam organisasi. Faktor pendorong seseorang aktif dalam berorganisasi selain minat dan bakat salah satunya adalah intelegensi baik akal maupun emosi. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya kecerdasan emosinal 58 % menunjukkan rendah. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan tingkat keaktifan berorganisasi pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Metode: Desain penelitian adalah observasional analisis dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 347 dengan sampel 186 mahasiswa.  Teknik sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kecerdasan emosional dan kuesioner keaktifan dalam berorganisasi. Teknik analisis data menggunakan Spearman Rank, dengan nilai alpha 0,05. Hasil: Penelitian ini menunjukan hasil kecerdasan emosional mahasiswa keperawatan dalam kategori sedang (71,0%) dan tingkat keaktifan dalam berorganisasi dalam kategori sedang (68,8%). Hasil uji korelasi menunjukan adanya hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan tingkat keaktifan dalam berorganisasi pada mahasiswa keperawatan (P-value = 0,000; r = 0,374) yang berarti semakin tinggi kecerdasan emosional mahasiswa maka semakin tinggi tingkat keaktifannya dalam berorganisasi. Kesimpulan: Penelitian ini menunjukan mayoritas mahasiswa keperawatan Universitas Jember memiliki kecerdasan emosional dan tingkat keaktifan dalam berorganisasi dalam kategori sedang. Kecerdasan emosional tidak hanya bermanfaat bagi organisasi kemahasiswaan saja, namun juga menjadi satu hal yang penting bagi mereka untuk menjadi perawat profesional yang memiliki sikap peduli dan kerjasama tim yang baik. Penelitian ini memberikan informasi bagi perguruan tinggi dan mahasiswa keperawatan agar dapat meningkatkan kemampuan kecerdasan emosional yang dapat berguna dalam peningkatan keaktifan berorganisasi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jikep

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientifics Journal of Nursing) is a place of publication for researchers in the field of nursing and health care. Jurnal Ilmiah Keperwatan are peer-reviewer journals published semi-annually twice in a year. Jurnal Ilmiah Keperawatan published by STIKES Pemkab Jombang. The ...