Jurnal Aghniya
Vol 1 No 1 (2018): Islamic Economics and Banking Education

PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRAKTIKKAN ADZAN DAN IQOMAH  SISWA KELAS II MI CIBOLANGKALER

Elis, Elis Nuraeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2018

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah perkembangan zaman saat ini yang harus senantiasa membiasakan anak-anak sejak dini agar melaksanakan adzan di masjid sebagai pengingat dan penyeru untuk melaksanakan sholat. Dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan membiasakan diri untuk mempraktikkan adzan dan iqomah siswa kelas II MI . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan metode penelitian yang dilakukan adalah metode demonstrasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan mempraktikkan adzan dan iqomah siswa Kelas II pada Materi Fikih. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh siswa masih 56,4 dengan ketuntasan klasikal 24%, pada siklus I meningkat dengan diperoleh nilai 7,00 dan pada siklus II semakin meningkat karena diperoleh nilai 82,38 dengan rata-rata 76,19 sehingga dapat dikategorikan baik. Dengan demikian, penerapan metode demonstrasi dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terhadap kelas II MI  pada materi adzan dan iqomah dinyatakan baik sekali dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mempraktikan adzan dan iqomah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

aghniya

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JURNAL AGHNIYA : is a scientific publication media that contains Islamic sciences to support the development of Islamic knowledge. This journal is published two times a year in July and January by STIES NU Bengkulu. This journal encompasses original research articles, review articles, and short ...