Permasalahan dalam penelitian adalah perkembangan zaman saat ini yang harus senantiasa membiasakan anak-anak sejak dini agar melaksanakan adzan di masjid sebagai pengingat dan penyeru untuk melaksanakan sholat. Dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan membiasakan diri untuk mempraktikkan adzan dan iqomah siswa kelas II MI . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan metode penelitian yang dilakukan adalah metode demonstrasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan mempraktikkan adzan dan iqomah siswa Kelas II pada Materi Fikih. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh siswa masih 56,4 dengan ketuntasan klasikal 24%, pada siklus I meningkat dengan diperoleh nilai 7,00 dan pada siklus II semakin meningkat karena diperoleh nilai 82,38 dengan rata-rata 76,19 sehingga dapat dikategorikan baik. Dengan demikian, penerapan metode demonstrasi dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terhadap kelas II MI pada materi adzan dan iqomah dinyatakan baik sekali dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mempraktikan adzan dan iqomah.
Copyrights © 2018