Jurnal Aghniya
Vol 1 No 1 (2018): Islamic Economics and Banking Education

IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FIQIH

nuriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik dalam melakukan gerakan shalat melalui metode demonstrasi kelas VII MTs Negeri 2 Mukomuko. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang di laksanakan selama 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII MTs Negeri 2 Mukomuko. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, obervasi, dan interview. Validitas data dengan menggunakan teknik tringulasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus I sebanyak 46,67% yang sudah tuntas. Sedangkan pada pembelajaran siklus II sebanyak 93,33% peserta didik telah tuntas dalam memahami materi sholat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman peserta didik tentang materi sholat melalui metode demonstrasi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

aghniya

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JURNAL AGHNIYA : is a scientific publication media that contains Islamic sciences to support the development of Islamic knowledge. This journal is published two times a year in July and January by STIES NU Bengkulu. This journal encompasses original research articles, review articles, and short ...