Pemerintah telah melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, yang antara lain melalui penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku dan alat pembelajaran, perbaikan sarana prasarana, peningkatan mutu manajemen sekolah/madrasah, berbagai pelatihan dan peningkatan kualifikasi pendidik, termasuk dalam hal ini adalah peningkatan kemampuan pendidik dalam proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai model dan strategi atau metode pembelajaran, sehingga memungkinkan peserta didik untuk selalu aktif dalam hal belajar. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan atau action research merupakan model penelitian yang sekaligus berpraktik dan berteori, atau menggabungkan teori sekaligus melaksanakan dalam praktik. Hasil penelitian didapatkan bahwaPrestasi belajar Fiqih siswa meningkat setelah model pembelajaran Kooperatif diterapkan kelas V MI PLUS Darulhufadz Jatinangor Sumedang Tahun Ajaran 2023/2024.Hal ini dibuktikan dengan data hasil tes padasiklus I menunjukkan rata-rata nilai siswa sebesar 74,9. Demikian pula dengan prosentase ketuntasan100%.
Copyrights © 2019