Jurnal Aghniya
Vol 2 No 1 (2019): Islamic Economics and Banking Education

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fikih Pada Siswa Kelas Vii B Mtsn 1 Mukomuko

rasnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2019

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh kenyataan masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih siswa kelas VII B MTsN 1 Mukomuko. Hal ini ditunjukan dengan hasil belajar siswa yang dibawah KKM. Model discovery Learning dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bisa atau tidaknya penerapan model Pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B MTs pada mata pelajaran Fikih di MTsN 1 Mukomuko. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B MTsN 1 Mukomuko. TeknikĀ  pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa dengan penerapan model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas. VII B MTsN 1 Mukomuko dari siklus I,II dan siklus III Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata presentase 79,57menjadi 90,71 pada siklus III, artinya terjadi peningkatan sebesar 11,14 %. Demikian pula pada hasil belajar menunjukkan nilai ketuntasan belajar pada siklus II sebesar 68, 57 % menjadi 94,29% pada siklus III. Sehubungan dengan hasil penelitian, implikasinya terhadap pembelajaran Fikih di kelas adalah: dengan menggunakan model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada pelajaran Fikih. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas kelas. VII B MTsN 1 Mukomuko dalam mata pelajaran Fikih.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

aghniya

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JURNAL AGHNIYA : is a scientific publication media that contains Islamic sciences to support the development of Islamic knowledge. This journal is published two times a year in July and January by STIES NU Bengkulu. This journal encompasses original research articles, review articles, and short ...