Jurnal Aghniya
Vol 2 No 2 (2019): Islamic Economics and Banking Education

Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Fiqih Siswa dengan Metode Penugasan di MI Muhajirin Kota Bengkulu

Sri Tofilaili (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2019

Abstract

Guru berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik agar memiliki motivasi belajar yang tinggi. Motivasi belajar yang tinggi sangat berpengaruh terhadap hasil belajar sehingga mampu menghasilkan prestasi belajar yang maksimal.  Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru fiqIh dalam meningkatkan motivasi belajar dan meneliti motivasi belajar peserta didik mata pelajaran fiqih. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan (observasi),dan dokumentasi .Analisis data dilakukan dengan menggunakan kemampuan berfifkir dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik terhadap mata pelajaran fiqih dilakukan dalam bentuk memberikan pujian,ulangan yang mendidik kepada peserta didik. Upaya tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik . Penelitian ini dilakukan di MI Muhajirin Kecamatan Singgaran Pati Kota Bengkulu dengan menggunakan populasi peserta didik kelas II sebanyak 15 orang..

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

aghniya

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JURNAL AGHNIYA : is a scientific publication media that contains Islamic sciences to support the development of Islamic knowledge. This journal is published two times a year in July and January by STIES NU Bengkulu. This journal encompasses original research articles, review articles, and short ...