Guru berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik agar memiliki motivasi belajar yang tinggi. Motivasi belajar yang tinggi sangat berpengaruh terhadap hasil belajar sehingga mampu menghasilkan prestasi belajar yang maksimal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru fiqIh dalam meningkatkan motivasi belajar dan meneliti motivasi belajar peserta didik mata pelajaran fiqih. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan (observasi),dan dokumentasi .Analisis data dilakukan dengan menggunakan kemampuan berfifkir dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik terhadap mata pelajaran fiqih dilakukan dalam bentuk memberikan pujian,ulangan yang mendidik kepada peserta didik. Upaya tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik . Penelitian ini dilakukan di MI Muhajirin Kecamatan Singgaran Pati Kota Bengkulu dengan menggunakan populasi peserta didik kelas II sebanyak 15 orang..
Copyrights © 2019