Jurnal Aghniya
Vol 2 No 2 (2019): Islamic Economics and Banking Education

Pengaruh Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Siswa Ma Husnul Khotimah Kuningan

tabiin (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2019

Abstract

Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui bagaimana sejauh mana dampak model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa Kelas XI IPA1 MA Husnul Khotimah Kuningan khususnya dalam memecahkan masalah, mengingat masih rendahnya kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran, terutama mata pelajaran fiqih. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan telaah dokumen hasil observasi di kelas Ketika kegiatan pembelajaran. Metode penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif  berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.  Pendekatan ini diarahkan pada latar dan individu secara holistik (utuh), tidak mengisolasi individu ke dalam variabel atau hipotesis, tetapi memandangnya sebagai bagian dari keutuhan. Dari hasil penelitian yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran mapel Fiqih pada materi Jinayah/Tindak Kejahatan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas XI IPA1 menunjukkan bahwa 90 % dari seluruh peserta didik cenderung lebih aktif dalam melakukan kegiatan pembelajaran dan 10 % kurang aktif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

aghniya

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JURNAL AGHNIYA : is a scientific publication media that contains Islamic sciences to support the development of Islamic knowledge. This journal is published two times a year in July and January by STIES NU Bengkulu. This journal encompasses original research articles, review articles, and short ...