Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui bagaimana sejauh mana dampak model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa Kelas XI IPA1 MA Husnul Khotimah Kuningan khususnya dalam memecahkan masalah, mengingat masih rendahnya kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran, terutama mata pelajaran fiqih. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan telaah dokumen hasil observasi di kelas Ketika kegiatan pembelajaran. Metode penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Pendekatan ini diarahkan pada latar dan individu secara holistik (utuh), tidak mengisolasi individu ke dalam variabel atau hipotesis, tetapi memandangnya sebagai bagian dari keutuhan. Dari hasil penelitian yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran mapel Fiqih pada materi Jinayah/Tindak Kejahatan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas XI IPA1 menunjukkan bahwa 90 % dari seluruh peserta didik cenderung lebih aktif dalam melakukan kegiatan pembelajaran dan 10 % kurang aktif.
Copyrights © 2019