Penelitian ini berfokus pada upaya meningkatkan pemahaman siswa kelas 7 di MTs Al-Fatah Cikembang dalam tata cara bersuci dalam Islam. Tujuan utamanya adalah mengidentifikasi hambatan yang dihadapi siswa dalam memahami tata cara bersuci serta mengembangkan strategi perbaikan yang efektif. Metode penelitian tindakan digunakan dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner siswa. Analisis data mengungkapkan bahwa sebagian besar siswa menghadapi kesulitan dalam memahami langkah-langkah tata cara bersuci dan alasan di baliknya. Dalam menanggapi temuan ini, pendekatan pembelajaran interaktif dan praktik langsung diterapkan oleh guru. Media visual, demonstrasi, dan integrasi dengan mata pelajaran lain digunakan untuk membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik. Hasil implementasi ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa tentang tata cara bersuci, di mana siswa lebih percaya diri dan mampu menjelaskan langkah-langkah dengan baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan interaktif dan kontekstual sangat berperan dalam meningkatkan pemahaman konsep agama di kalangan siswa, khususnya dalam hal tata cara bersuci.
Copyrights © 2019