Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran JIGSAW/kelompok pada peserta didik kelas VII Tahun Pelajaran 2021/2022. Peningkatan hasil belajar yang dimaksud dalam penelitian ini, yaitu hasil pemahaman dan praktek siswa yang telah dipelajari yaitu Praktek Berwudhu Menerapkan Strategi Pembelajaran Jigsaw/Kelompok Pada Peserta Didik Kelas VII Mts Banpres Desa Banpres Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di mana guru sebagai pelaksana pembelajaran sedangkan peneliti sebagai pengamat. Desain penelitian ini menggunakan model JIGSAW kelompok. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022, yaitu pada bulan Juli 2021. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Banpres yang terdiri dari 10 peserta didik. Objek penelitian adalah Hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan ada atau tidaknya pemahaman hasil belajar siswa kelas VII dalam hal ini praktek Berwudhu, yaitu pada siklus I, kemudian pada siklus II. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Jigsaw dalam mata pelajaran FIKIH apakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Banpres
Copyrights © 2020