Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pembuatan Kartu Keluarga pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Biak Numfordan mengetahui faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan pembuatan Kartu Keluarga pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Biak Numfor. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan mengumpulkan data dari wawancara, catatan lapangan, dan dokumen resmi untuk menggambarkan realitas empiris di balik fenomena yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupten Biak Numfor dapat di nilai cukup baik tetapi belum menyeluruh. Dilihat dari lima dimensi kualitas pelayanan yaitu, Tangibles ( bukti langsung), Raliability (kehandalan), Responsiveness ( Daya Tanggap ), Assurance (Jaminan), Emphaty (empati). Itu dapat diketahui baik dari wawancara dengan sebagian masyarakat yang berkepentingan dengan masalah pelayanan Kartu Keluarga selain dengan mengadakan wawancarajuga dapat dibuktikan dengan hasil observasi dan juga dokumentasinnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024