Bengkel mobil merupakan tempat atau fasilitas yang menyediakan layanan perawatan dan perbaikan kendaraan dalam satu lokasi. Bengkel mobil menawarkan beragam layanan, seperti servis rutin (tune-up), perbaikan mesin, kelistrikan, bodi, suspensi, dan lainnya. Akan tetapi dalam bisnis ini juga memiliki permasalahan salah satunya adalah manajemen sistem antrian. Di bengkel mobil, sering kali terjadi masalah dengan sistem antrian yang tidak efisien, menyebabkan antrean panjang yang membuat pelanggan merasa tidak nyaman. Hal ini dapat mengakibatkan pelanggan enggan kembali menggunakan layanan bengkel. Tujuan dari penelitian ini yakni membangun sistem booking antrian pada bengkel mobil berbasis website dengan menggunakan framework codeigniter 3. Penelitian ini juga bertujuan untuk dapat mengatasi permasalahan antrian pada bengkel sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan bengkel mobil. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan model waterfall yang terdiri dari beberapa tahap, yakni analisis, design, implementasi, testing, dan maintanence. Hasil penelitian ini berupa sistem booking antrian bengkel mobil berbasis website yang dapat diakses oleh customer dan juga admin bengkel, sehingga dapat mempermudah dan mengatur penjadwalan pelayanan pada bengkel mobil.
Copyrights © 2024