Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya kecerdasan buatan, telah membawa dampak signifikan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FIKTI UMSU) menghadapi tantangan dalam memberikan layanan akademik dan administrasi yang cepat dan akurat kepada mahasiswa dan staf. Terbatasnya waktu operasional dan jumlah staf menyebabkan layanan informasi tidak selalu dapat diakses secara optimal. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini bertujuan mengembangkan chatbot berbasis Natural Language Processing (NLP) yang dapat memberikan layanan informasi secara real-time dan dapat diakses kapan saja. Chatbot ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi layanan akademik dengan menjawab pertanyaan umum secara otomatis, sehingga mengurangi beban kerja staf dan memperluas akses informasi dengan layanan yang tersedia 24/7. Implementasi yang tepat, termasuk pemilihan teknologi, pengumpulan data percakapan, dan pelatihan model NLP yang akurat, menjadi kunci keberhasilan penerapan chatbot ini di FIKTI UMSU. Hasil pengujian Black Box menunjukkan performa chatbot mampu merespon 8 pertanyaan yang diajukan secara acak dengan benar dan mendapatkan presentase sebesar 97% yang dimana ini sudah cukup baik untuk model chatbot tersebut.
Copyrights © 2024