Loyalitas pelanggan adalah sebuah strategi bisnis dalam mempertahankan pelanggan lama agar terus melakukan pembelian, beriringan dengan fokus perusahaan untuk mendatangkan pelanggan baru. Pelanggan loyal adalah salah satu bukti bahwa sebuah bisnis sangat terpercaya. PT Asa Mode Internasional atau biasa disebut Chante adalah sebuah brand fashion lokal Indonesia yang bergerak di bidang pakaian wanita. Chante memiliki beberapa kemitraan atau reseller yang diperuntukkan untuk menjangkau pasar lebih luas, mitra atau reseller inilah yang termasuk ke dalam pelanggan loyal, karena mereka bukan hanya membeli produk Chante melainkan ikut menawarkan dan mempromosikan produk Chante kepada orang lain hingga menjualnya. Maka, perlu benefit khusus untuk mempertahankan pelanggan loyal agar terus setia dengan Chante. Dalam dunia bisnis yang memiliki produk pakaian wanita, tentunya persaingan untuk mendapatkan pelanggan sangat ketat. Maka, perlu benefit khusus untuk mempertahankan pelanggan loyal agar terus setia dengan Chante. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem pendukung keputusan loyalitas pelanggan berbasis website menggunakan metode Simple Additive weighting agar dalam proses menentukan ranking pelanggan loyal dan keuntungan yang diberikan kepada pelanggan loyal lebih cepat dan efisien. Perhitungan dari metode ini berdasar pada bobot kriteria yang sudah ditentukan dan nilai preferensi. Sistem ini dapat membantu perusahaan dalam menentukan peringkat pelanggan loyal serta keuntungan yang akan diberikan kepada pelanggan loyal beserta biaya benefit yang akan dikeluarkan oleh perusahaan.
Copyrights © 2024