Peningkatan kepadatan lalu lintas di kota-kota besar menimbulkan kebutuhan yang mendesak akan sistem transportasi yang efisien. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan algoritma graf, khususnya algoritma Dijkstra dan A*, dalam mengoptimalkan rute transportasi perkotaan untuk menemukan rute terpendek yang lebih cepat dan efisien. Data jaringan transportasi diperoleh dari survei pengguna transportasi umum dan data jaringan terbuka, yang kemudian dipetakan menjadi graf dengan titik dan jalur yang menghubungkannya. Algoritma Dijkstra dan A* diimplementasikan untuk memproses jaringan transportasi ini, dan hasilnya dianalisis serta divalidasi menggunakan data historis dan simulasi kondisi lalu lintas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma A* lebih unggul dalam menyesuaikan rute secara real-time, sedangkan Dijkstra optimal untuk kondisi statis. Dengan demikian, penerapan algoritma graf dapat membantu menciptakan sistem transportasi cerdas yang mendukung efisiensi dan kenyamanan pengguna dalam menghadapi tantangan lalu lintas perkotaan
Copyrights © 2024