Penelitian ini berjudul "Perancangan UI (User Interface) dan UX (User Experience), Assets untuk Menarik Minat Siswa SD dalam Mempelajari Materi Tumbuhan Dikotil dan Monokotil." Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap pelajaran biologi, terutama materi tumbuhan dikotil dan monokotil, yang dianggap sulit dan membosankan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa game edukasi “DIMOTIL” yang menarik dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa. Metode yang digunakan adalah pengembangan dengan model waterfall, yang melibatkan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian. Data dikumpulkan melalui survei, wawancara, serta pre-test dan post-test pada siswa MI Nidzomiyah Ploso. Desain UI dibuat menggunakan Figma, sementara aset visual dikembangkan dengan Aseprite, dan implementasi game dilakukan menggunakan Construct 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi "DIMOTIL" berhasil meningkatkan pemahaman siswa, dengan rata-rata nilai post-test meningkat sebesar 92% dibandingkan pre-test. Desain UI/UX yang menarik serta penggunaan aset visual interaktif memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan memotivasi siswa. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan lebih lanjut untuk mencakup materi pelajaran lain dan memperluas manfaatnya sebagai media pembelajaran inovatif.
Copyrights © 2025