Jurnal Gramatika
Vol 2, No 2 (2016)

PENGEMBANGAN RPKPS DAN SAP MENYIMAK BERBASIS PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Mana, Lira (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2017

Abstract

Permasalahan perangkat pembelajaran yang belum melibatkan mahasiswa dalam merancang kegiatan nyata apa yang sesungguhnya terjadi di dalam kelas. Oleh karena itu perlu dikembangkan perangkat pembelajaran berbasis CTL untuk mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Sumatera Barat berupa Silabus, RPKPS, dan Bahan Ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kevalidan perangkat, kepraktisan perangkat pembelajaran, serta  keefektifan perangkat pembelajaran berbasis CTL pada mata kuliah Pengajaran Keterampilan Menyimak.   Metode penelitian ini adalah   model pengembangan. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Sumatera Barat yang mengambil mata kuliah Menyimak. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini antara lain: Instrumen kevalidan, Instrumen kepraktisan dan Instrumen keefektifan. Data yang diperoleh melalui berbagai instrumen dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis pendahuluan diperoleh bahwa mahasiswa membutuhkan perangkat pembelajaran berbasis CTL pada pembelajaran keterampilan menyimak di STKIP PGRI Sumbar..Kata kunci: pengembangan perangkat pembelajaran, menyimak, basis CTL

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jurnal-gramatika

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The purpose of this journal is to publish scientific works for lecturers, researchers, students, and practitioners in Indonesia or abroad to present their new ideas, concepts and theories in Indonesian language and literature education such as: 1. The results of research development of language ...