Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah, Islamic branding dan religiusitas terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah mahasantri Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Metode yang digunakan penelitian ini ialah metode kuantitatif. Sumber data diperoleh dari responden mahasantri dengan teknik pengumpulan data yaitu penyebaran angket. Sampel penelitian ini ialah mahasantri Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo yang sedang menggunakan dan pernah menggunakan jasa perbankan syariah. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling. Analis penelitian ini menggunakan uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis.Hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial, literasi keuangan syariah dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasantri, sedangkan Islamic branding berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan mahasantri menggunakan jasa perbankan syariah. Secara simultan literasi keuangan syariah, Islamic branding dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasantri menggunakan jasa perbankan syariah. Besarnya pengaruh literasi keuangan syariah, Islamic branding dan religiusitas adalah sebesar 61,8% yang ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi dan selebihnya dipengaruhi dengan variabel lain.
Copyrights © 2024