Al-Muraqabah: Journal of Management and Sharia Business
Vol. 4 No. 2 (2024): Al-Muraqabah: Journal of Management and Sharia Business

Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding, dan Religiusitas terhadap Keputusan Mahasantri Pondok Pesantren Darul Huda dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah

Mahmudah, Siti Robi'ah Auliak (Unknown)
Afandi, Akhmad Jazuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah, Islamic branding dan religiusitas terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah mahasantri Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Metode yang digunakan penelitian ini ialah metode kuantitatif. Sumber data diperoleh dari responden mahasantri dengan teknik pengumpulan data yaitu penyebaran angket. Sampel penelitian ini ialah mahasantri Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo yang sedang menggunakan dan pernah menggunakan jasa perbankan syariah. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling. Analis penelitian ini menggunakan uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis.Hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial, literasi keuangan syariah dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasantri, sedangkan Islamic branding berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan mahasantri menggunakan jasa perbankan syariah. Secara simultan literasi keuangan syariah, Islamic branding dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasantri menggunakan jasa perbankan syariah. Besarnya pengaruh literasi keuangan syariah, Islamic branding dan religiusitas adalah sebesar 61,8% yang ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi dan selebihnya dipengaruhi dengan variabel lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

muraqobah

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Focus Al-Muraqabah: Journal of Management and Sharia Business is to promote the wide dissemination of the result of systematic schoolarly inquiries into the broad field of business, management, and entrepreneur research. Scope Al-Muraqabah: Journal of Management and Sharia Business is intended to be ...