BroadComm
Vol. 6 No. 2 (2024)

Pengaruh Tayangan Konten Instagram @daffaspeaks Terhadap Minat Belajar Public Speaking Bagi Mahasiswa

Purwitasari, Endah (Unknown)
Hapsari, Ramita (Unknown)
Fitriani, Reni (Unknown)
Harianto, Fery (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh tayangan konten instagram @daffaspeaks terhadap minat belajar public speaking bagi mahasiswa dan seberapa besar pengaruh tayangan konten instagram @daffaspeaks terhadap minat belajar public speaking bagi mahasiswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teori SOR, teori Stimulus-Organism-Response (S-O-R) dikembangkan oleh Albert Mehrabian dan James A. Russell. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan pengujian melalui analisis regresi linier sederhana. Penelitian ini dilakukan kepada 100 responden yang merupakan remaja akhir dengan rentang usia 17-21 tahun dan merupakan mahasiswa dan pengikut dari akun instagram @daffaspeaks dan diawali dengan pengujian validitas dan reliabilitas pada 30 responden. Hasil dari penelitian yang didapatkan adalah adanya pengaruh dari tayangan konten instagram @daffaspeaks terhadap minat belajar public speaking bagi mahasiswa dengan besaran nilai r2 adalah 0,351 yang memiliki arti bahwa variabel tayangan mempengaruhi minat belajar sebesar 35,1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bcomm

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Broadcasting Communication (Bcomm) menerima karya ilmiah dari Akademisi dan Praktisi untuk dipublikasikan pada terbitan April maupun oktober tiap tahunnya. Cakupan Tema yang dimaksud berkaitan dengan Media dan Teknologi, serta Sosial dan Humaniora. LINK : ...