Tujuan pendidikan nasional adalah untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadimanusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Oleh karena itu pendidikan Agama Islam sebagai salah satu bagian dari materi pendidikanmempunyai tanggungjawab untuk dapat merealisasikan tujuan pendidikan Nasional tersebut.Karena tujuan dari pendidikan Islam adalah membentuk insan yang bertakwa. Dan tujuan akhirdari ajaran agama Islam (pendidikan agama Islam) adalah sikap dan perilaku umat beragamayang berkarakter mulia.Implementasi model pendidikan karakter terdapat dua jenis model yang dapat dikembangkan.Implementasi pertama, dilakukan dengan penanaman nilai melalui pembiasaan budaya di kampusdan di rumah. Implementasi kedua, dilakukan dengan mengintegrasikan pada mata pelajaran.Untuk membentuk karakter peserta didik atau mahasiswa dapat dilakukan dengan berbagai macampendekatan, yaitu: (1). Keteladanan, (2). Penanaman kedisiplinan, (3) Pembiasaan, dan (4)Menciptakan suasana yang kondusif. Dalam proses pembelajaran PAI di kelas, dosen hendaknyamemuat nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam aspek materi pembelajaran, yang dimulai sejakmembuat silabus dan SAP.Kata Kunci: Pendidikan karakter, Pendidikan Agama Islam--------------------------------------------------------National education goals is for the development of students' potentials to become a man offaith and devoted to God Almighty, noble, healthy, knowledgeable, skilled, creative, independent,and become citizens of a democratic and accountable. Therefore the Islamic Religious educationas a part of the educational material has a responsibility to be able to realize the goals of thenational education. Since the purpose of Islamic education is to form a human being cautious. Andthe ultimate goal of the teachings of Islam (Islamic education) is the attitude and behavior ofreligious people of noble character.Implementation of character education model there are two types of models can be developed.The first implementation, carried out by planting value through habituation culture on campusand at home. The second implementation, carried out by integrating the subjects. To shape thecharacter of learners or students can do with a variety of approaches, namely: (1). Modeling, (2).Planting discipline, (3) Habituation, and (4) creating a conducive atmosphere. PAI in the learningprocess in the classroom, professors should contain the values ??of character education into theaspect of learning materials, which began making the syllabus and SAP.Keywords: character education, Islamic education
Copyrights © 2016