Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya adversity quotient matematis dimiliki oleh mahasiswa, khusunya mahasiswa pendidikan matematika, karena hakikatnya matematika merupakan aktivitas pemecahan masalah. Sehingga setiap mahasiswa baik laki-laki maupun perempuan yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah perlu memiliki kecerdasan dalam menghadapi masalah. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika yang telah menempuh mata kuliah kalkulus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengkaji adversity quotient matematis mahasiswa berdasar jenis kelamin dan kemampuan mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Adapun instrumen pada penelitian ini berupa skala adversity quotient dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa adversity quotient mahasiswa laki-laki kategori kemampuan tinggi dan sedang tergolong sangat tinggi, adversity quotient mahasiswa laki-laki kategori kemampuan tergolong tinggi, adversity quotient mahasiswa perempuan kategori kemampuan tinggi, sedang dan rendah tergolong sangat tinggi.
Copyrights © 2016