JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 9, No 1 (2016): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 9 Nomor 1 Februari 2

MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIS SISWA SMP

Wieka Septiyana (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Heni Pujiastuti (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ihsanudin Ihsanudin (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2016

Abstract

TujuanĀ  utama penelitian ini untuk menyelidiki pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman konseptual matematis siswa baik yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran matematika Knisley (MPMPK) maupun dengan model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode campuran (mixed methods) dengan model penggabungan kuantitatif dan kualitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu concurrent embedded design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Serang dengan sampelnya siswa kelas VIII A dan B. Peneliti menerima keadaan subjek penelitian seadanya dan sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis data kuantitatif dalam penelitian ini dengan menggunakan uji-t dan Mann-Whitney. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman konseptual matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran MPMK lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran langsung.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...