JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 9, No 2 (2016): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 9 Nomor 2 Agustus 20

PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN KOGNITIF DAN AFEKTIF PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Eva Juliandita (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Riau)
Sri Rezeki (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Riau)
Andoko Ageng Setyawan (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat penilaian kognitif dan afektif pada pokok bahasan segiempat siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan pada bulan Desember 2014 - Januari 2015. Sedangkan pengambilan data pada penelitian ini diambil pada bulan Januari 2015. Subjek penelitian ini adalah perangkat penilaian kognitif dan afektif pada pokok bahasan segiempat yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Parameter yang diukur adalah tingkat validitas dan efektivitas perangkat. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dari validasi dosen dan keterbacaan soal oleh 6 siswa kelas IX yang telah menerima materi segiempat serta analisis kuantitatif dari hasil pengolahan angket validasi dan hasil belajar siswa yang dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan pada kelas VII2 SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru, maka diperoleh tingkat efektivitas yaitu dari perbandingan banyaknya siswa yang tuntas dengan jumlah siswa yang hadir (dinyatakan dalam persen). Tingkat efektivitas yang dicapai pada penilaian kognitif berkisar (22% - 88%) dan efektivitas penilaian afektif berkisar (14% - 96%). Setelah direvisi, maka didapat produk akhir perangkat penilaian kognitif dan afektif pada pokok bahasan segiempat siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama yang teruji kevaliditasnya dan keefektivitasnya. Kata Kunci : Penilaian Kognitif, Penilaian Afektif dan Kurikulum 2013

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...